Calon Bupati Independen Cilacap Harus Kantongi 130 Ribu Dukungan

Senin, 6 April 2015

RMOL. Calon bupati independen di Cilacap, Jawa Tengah musti mengantongi setidaknya 130 ribu dukungan untuk maju Pemilihan Kepala Daerah Langsung (Pilkada). Sebab, berdasar UU No 8/2015, Kabupaten dengan jumlah penduduk lebih dari satu juta penduduk memiliki ambang batas 6,5 persen.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Cilacap, Akhmad Kholil mengatakan jumlah penduduk Cilacap saat ini sekitar 2 juta orang. Dengan demikian ambang batasnya memang 6,5 persen.

"Harus memiliki dukungan sekitar 130 ribu pemilih," tegasnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (5/4).

Ambang batas 6,5 persen ini, kata Kholil, berarti naik 3,5 persen dari prasyarat dukungan pada UU sebelumnya yang hanya 3 persen.

Selain itu, perbedaan lain adalah ambang batas calon jadi yang berubah menjadi nol persen. Artinya, suara terbanyak akan otomatis menjadi pemenang.

"Jadi tidak ada Pilkada ulang. Terbanyak akan ditetapkan sebagai pemenang," jelasnya.

Pilkada Cilacap sendiri akan digelar pada Februari 2017. Tahapan awal Pilkada dijadwalkan sudah dimulai pada pertengah 2016.

"Saat ini kami sedang gencar mensosialisasikan undang-undang terbaru ini. Kami sosialisasi ke stakeholder terkait di Cilacap," katanya.

Kholil menambahkan KPUD menggandeng Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk mensosialisasikan undang-undang ini. [rus]

 

Sumber : http://www.rmol.co/read/2015/04/05/198060/Calon-Bupati-Independen-Cilacap-Harus-Kantongi-130-Ribu-Dukungan-