Kodim 0703 Bersama KPU Kab. Cilacap Lakukan Sosialisasi Pemilu 2019

Kamis, 13 Desember 2018

Pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2018 sekira pukul 10.00 WIB, telah dilaksanakan Sosialisasi Pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan tersebut dilselenggarakan oleh jajaran Kodim 0703 Cilacap bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap.
Acara yang diselenggarakan di Aula Kodim 0703 Cilacap ini, dibuka oleh Dandim  0703 Cilacap Bapak Wahyo Yuniartoto dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Bapak M. Muhni selaku narasumber dari KPU Kabupaten Cilacap. Peserta sosialisasi yang hadir sekitar 180 orang yang berasal antara lain Babinsa dan Danramil se-Kabupaten Cilacap. Tujuan kegiatan ini sebagaimana penjelasan yang disampaikan penyelenggara, diperlukan pemahaman bersama mengingat  Pemilu 2019  berbeda dengan pemilu sebelumnya. Sebagaimana diketahui, Pemilu 2019 digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019 dan pemilih akan menerima 5 jenis surat suara untuk memilih (Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten).
Walaupun anggota TNI tidak memiliki hak pilih, namun tetap diharapkan dapat berperan aktif untuk memberi pemahaman kepada masing-masing anggota keluarga yang telah terdaftar untuk dapat menggunakan hak pilihnya nanti. Selain itu diharapkan dari sosialisasi ini bahwa pemilih memahami daerah pemilihannya, jumlah pemilih dan bagaimana cara pindah memilih. Dengan sumber data yang akurat tentunya akan membantu dalam menganalisa peta keamanan masyarakat sehingga Pemilu 2019 di Kabupaten Cilacap akan berjalan dengan baik dan bermartabat.