Barisan Hitam Sambangi Kpu Kab. Cilacap

Selasa, 15 Januari 2019

Cilacap, Komisoner Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap, Kamis 10 Januari 2019 dikagetkan oleh kehadiran Sekelompok barisan dengan seragaam hitam - hitam dan berpenampilan nyentrik. Kekhawatiran ini dirasakan oleh para komisioner, “Jangan – jangan akan mendemo KPU terkait ketidakpercayaan atas berita hoaks surat suara tercoblos apa yah tegas Muhni“ salah satu komisioner Kab. Cilacap

Setelah dikonfirmasi ternyata kelompok ini mengatasnamakan Tikus Pithi Hanura Baris, perwakilan Kabupaten Cilacap yang dipimpin oleh Sudiyono. TPHB meminta ijin dan mohon waktu untuk melaksanakan orasi di halaman Kantor KPU Kab. Cilacap.

Dalam orasinya TPHB mengatasnamakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kehadapan KPU, agar KPU membuka pencalonan Presiden dan Wakil Presiden melalui jalur Independen. Karena selama ini Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden harus diusung oleh Parpol dan gabungan beberapa Parpol, kata Sudiyono.

Orasi Tikus Pithi Hanura Baris mendapat pengawalan ketat dari Polres Cilacap, dikhawatirkan akan terjadi sesuatu karena situasi politik semakin memanas. Dalam surat pemberitahuan yang ditujukan kepada Polres Cilacap, semula diperkirakan anggota yang akan mengikuti penyampaian aspirasi sejumlah 100 orang.  Namun demikian pada pelaksanaanya setelah kami pantau hanya sekitar 30 orang.

Berbagai sumber menceritakan, bahwa TPHB ini ada sudah lama, anggotanya tersebar dari berbagai wilayah, bahkan saat proses Pilgub Jateng 2018, ternyata kelompok ini juga ikut mendaftar sebagai Cagub & Cawagub ke Kantor KPU Provinsi Jateng.  Perlakuan KPU Provinsi Jateng juga memberikan pelayanan sebagaimana mestinya, saat pengumuman TPHB dinyatakan tidak lolos.

TPHB kelihatannya organisasi terstruktur dan mempunyai tujuan jangka panjang, step by step aspirasi ini disampaikan dibeberapa wilayah di Jateng, DIY dan Jatim.  Bagus juga rencananya, tapi kalau saat ini agar KPU bisa membuka jalur pendaftaranya sudah ketinggalan proses, disamping itu regulasi yang mengaturnya belum ada tegas Handi Tri Ujiono ketua KPU Kab Cilacap.

Redaktur, 4b4h Ewenk 100119