Mencetak Pemilih Berkualitas

Kamis, 12 Desember 2019

Pemilih berkualitas adalah pemilih yang mengerti pentingnya pemilu dan paham siapa yang akan dipilih. Itulah intisari dalam Sosialisasi Pemilih Pemula dan sosialisasi rumah pintar pemilu yang diselenggarakan di puncak gunung SMAN 1 Dayeuhluhur dan dipinggir samudera (SMAN Kampunglaut) sebagai obyek sosialisasi dalam awal pekan ini.

Sosialisasi Pemilih Pemula dilaksanakan dalam tiga hari ini mulai Senin, 09 sd 11 Desember 2019 meliputi SMA N Dayeuhluhur, SMA N Kampunglaut dan SMK N Karangpucung dengan Narasumber dari Komisioner KPU Kabupaten Cilacap Weweng Maretno, S.Sos (Divisi Teknis Penyelenggaraan) dibantu oleh tim secretariat KPU Kabupaten Cilacap.

Kehadiran Tim Sosialisasi dari KPU Cilacap diterima dengan baik oleh pihak sekolah dan mendapat respon positif. "Anak didik kami baru selesai Ulangan Akhir Semester dan minggu-minggu ini sambil menunggu liburan sekolah banyak diisi kegiatan class meeting, kompetisi karate, latihan upacara dan kegiatan lain. Hari ini (11/12/19) kebetulan sekali KPU Kabupaten Cilacap bisa hadir disekolah, setidaknya anak didik kami bertambah wawasan tentang demokrasi dan kepemiluan" ujar Joko Riyanto, ST salah satu guru pengampu pelajaran reproduksi automotif.

Sambutan senada juga diberikan oleh Drs. Sukoya, M,OR Kepala Sekolah SMA Negeri Kampunglaut, ”Terima kasih sekali kehadiran KPU karena dengan demikian setidaknya citra sekolah dan anak didik kami bisa lebih baik dan stereotip yang selalu diarahkan kepada anak didik kami SMA N Kampunglaut berubah menjadi citra positif dengan peningkatan kedisiplinan dan memperbanyak kegiatan diluar sekolah yang bersifat positif”, salah satunya KPU memberikan wawasan tentang demokrasi dan kepemiluan.

Weweng Maretno, S.Sos memaparkan materi kepada pemilih pemula berupa Demokrasi dan Pemilu diluar itu mensosialisasikan bahwa KPU Cilacap adalah sebagai Destinasi Wisata Demokrasi. Disediakan sebuah tempat dinamakan Graha Cerdas Pemilu, merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang untuk melakukan seluruh program aktivitas edukasi masyarakat.

Tujuan secara umum Graha Cerdas pemilu adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih secara kualitas dan kuantitas dalam seluruh proses penyelenggaraan pemilu, menjadi pusat informasi kepemiluan. Tiga sekolah dimana kami memberikan materi sosialisasi sangat responsive dan keingintahuan mereka tinggi tentang apa saja sebernarnya tugas pokok KPU, apa saja produk pemilu yang dihasilkan.

Diakhir acara narasumber memotivasi para siswa, bahwa modal pintar saja tidak cukup untuk dapat meraih kekuasaan, berorganisasilah dengan baik, itu akan dapat mendukung dalam meraih kesuksesan dimasa depan. (abah)