Selasa, 7 Januari 2020 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap beraudiens - " />

Kasi BNN Berpartisipasi Jadi KPPS Pemilu 2019 (Audiensi KPU dengan BNNK Cilacap)

Kamis, 9 Januari 2020

 

Selasa, 7 Januari 2020 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap beraudiensi dengan tiga institusi dilingkungan Kabupaten Cilacap, tim KPU dipimpin  Weweng Maretno (Divisi Teknis), Ami Purwandari, menyusul ditengah berlangsungnya acara Munjiatun M dan M Muhni.

Awal kunjungannya Komsioner beraudien dengan Politeknik Negeri Cilacap, tim diterima oleh Wakil Direktur 1, Wadir 2 dan 3 serta beberapa staff PNC. Paparan wadir 1 (Agus Santoso) diusianya yang ke 11 PNC telah memiliki 7 Program Study (Teknik Infromatika, elektronika, teknologi rekayasa pencegahan pencemaran Lingkungan, teknik mesin pertanian, perikanan dan terbaru teknik listrik).  Jumlah total dosen dan karyawan 154 orang  74 diantaranya dosen. PNC telah bekerjasama dengan KPU dalam penyedian SDM saat pemilu 2019, sejumlah 25 alumni kami kirim ke KPU Kabupaten sebagai tenaga teknis untuk pelaksanaan rekap kabupaten dan sistim perhitungan (Situng) KPU RI.

KPU Kabupaten Cilacap mengucapkan terima kasih ke PNC dan KPU Cilacap juga memberikan kritik bahwa dari 25 alumni yang dikerjasamakan tidak semuanya professional, ada yang kurang bertanggungjawab untuk itu kedepan bilamana dimungkinkan masih berkerjasama agar lebih meningkatkan profesionalitasnya.

Lanjut pada kunjungan berikut komisoner hadir di Akbid Graha Mandiri Kabupaten Cilacap.  Bentuk Partisipasi dalam pemilu 2019 karena di gedung akbid inilah logistic vital pemilu 2019 tersimpan hampir 2 bulan lebih dan kami merasa aman karena memang ruang gedung yang kami pakai sangat baik dan safe untuk penyimpanan. Saat audiensi bukan saja diterima oleh direktur Akbid namun kami ditunggu oleh para mahasiswi akbid.  Pertanyaan menarik dari salah satu dosen, bahwa ia mengira KPU itu ada hanya kalau ada pemilu saja dan kami juga kurang tahu dimana kantor KPU Kabupaten Cilacap serta kegiatan sellanjutnya paska pemilu.  Setelah dikenalkan kelembagaan KPU serta tugas pokok dan fungsinya oleh M Muhni (divsosdiklih) baru ia memahami dan bahkan welcome kami siap bekerjasama, nanti kalau tahun ajaran baru kami akan undang KPU sebagai narasumber untuk mengisi kuliah terbuka. 

Wanda salah satu mahasiswi bertanya tentang bagaimana untuk menjadi penyelenggara, sebab sepertinya kok kemarin saat pemilu 2019 banyak TPS pada kewalahan dalam urusan perhitungan untuk itu saya siap sebagai penyelenggara, dan sentilan terakhir lalu bagaimana kalau untuk menjadi Komisioner?... dan ini langsung ditanggapi oleh divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Cilacap.

Pada kunjungan ketiga kami menuju Kantor BNN Kabupaten Cilacap, kami diterima langsung oleh Kepala BNN Kab Cilacap AKBP Drs. Triatmo Hamardiyono, M.Si didampingi Kasi Rehabilitasi, Kasi Pemberantasan dan Kasi Pencegahan Dayamas.

KPU mengapresiasi kerjasama yang baik dengan semua pihak termasuk jajaran BNN diwilayah Kabupaten Cilacap. Produk hasil Pemilu 2019 menunjukan hasil yang memuaskan dari sosok legislative yang terpilih.  Kami ucapkan terima kasih karena BNN dalam regulasi pemilu ditunjuk sebagai institusi yang mengeluarkan rekomendasi persyaratan para caleg terbebas dari Narkoba atau tidak.

Kepala BNN Kab Cilacap dalam obrolan ringan dengan kami memaparkan bahwa, sebagai lembaga Negara BNN berkomitmen dalam menciptakan penyelenggara Negara yang bebas Narkoba.   Pada Pemilu 2019 lalu kami merekomendasi seluruh persyaratan Caleg yang berkompetisi . Kami berikan rekomendasi setelah sebelumnya mereka lakukan pemeriksaan di RSU dan bagi yang langsung kesini silahkan beli tes pack ke Apotik biar dokter kami yang lakukan uji tes medik.  Kami layani gratis karena tidak sebagai pemegang SHKBN, jadi tidak diperkenankan menerima pendapatan Negara bukan pajak.   Upaya pencegahan dengan BNN goes to shool dilakukan dengan beberapa sekolah tingkat SLTA, rapat koordinasi dengan instansi terkait termasuk juga dengan KPU kami siap bekerjasama.  BNN telah bekerjasama dengan Kemendagri dalam sosialisasi P4GN, bahkan telah melauncing Desa Bersinar Terang (Bersih Narkoba, Terorisme, Radikalisme dan Organisasi terlarang) akan tetapai kami didesa selalu ditanya payung Hukum, untuk itu kami ingin agar Pemerintah Kabupaten Cilacap segera menertbitkan Perda tentang P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) beberapa Caleg yang berpengaruh telah hadir kesini saat tes medic dan saat ini menjabat DPRD Kabupaten mendukung adanya keinginan kami, tapi sampai saat ini belum menampakan dukungannya kembali ke kami ujar ketua BNN.

Satu hal yang menarik, bahwa salah satu kasi di BNN ternyata pada pemilu lalu terlibat langsung sebagai penyelenggara pemilu. Beliau ungkapkan langsung ke komisioner KPU, “di TPS kami rekap termasuk lancar, karena sampai jam 10 malam sudah selesai, tapi memang secara administrative beberapa teman mengalami kesulitan dan ini rumit karena terlalu banyak jenis pemilu sehingga menyita waktu. Dalam satu jenis pemilu kami harus menggandakan sekian eksemplar dan itu per lembar harus ditandatangani oleh seluruh KPPS dan Saksi maka disinilah menyita waktu.  Ditanya soal saran ke KPU harus bagaimana, beliau menjawab Pemilu jangan diserentakan seperti kemarin, dan format harus disederhanakan, system proporsional tertutup sepertinya mempercepat peyelenggara dalam merekap hasil Pemilu.  Pandangan ketua BNN mengiyakan serta berharap agar fungsi recruitment di setiap Partainya harus sudah berjalan baik lagi kedepannya. Disesi akhir foto bersama untuk berikan kenangan berupa piagam dan tukar cendera mata.

(berita 4B4H WWG 8) 07/01/2020