SEMOGA BUKAN YANG PERTAMA DAN YANG TERAKHIR (AudiensiKPU KabupatenCilacapdenganBadanPusatStatisikKabupatenCilacap)

Senin, 27 Januari 2020

Jumat, 17 Januari 2020 KPU Kabupaten Cilacap berkesempatan hadir di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cilacap, Jl. Dr. Sutomo No. 16A Sidakaya Cilacap Selatan dan diterima langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik, Bapak Toto Desanto. Dari tim KPU Kabupaten Cilacap terdiri dari Ami Purwandari, Munjiatun Mukaromah, S.Pd.I, Karsito, S.Sos dan Dwipa Tri Budi, A.Md.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap merupakan salah satu Instansi di Kabupaten Cilacap yang mendukung kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2019. Dengan pegawai yang berjumlah sekitar 40an orang telah bertindak secara netral dalam gelaran Pemilu 2019 dan semuanya menyalurkan aspirasinya dengan memilih sesuai dengan pilihannya ditempat tinggal masing-masing.

“Baru kali ini KPU menyambangi Kantor Badan Pusat Statistik, semoga hal ini bukan yang pertama dan yang terakhir”, Kata Toto Desanto selaku Kepala BPS.

Sebagai Badan yang menangani berbagai data baik data jumlah penduduk, jumlah pelakue konomi, jenis kegiatan ekonomi, data kegiatan pertanian dan bahkan jumlah jenis pohon yang dimiliki oleh penduduk, berharap nantinya ada kerjasama dengan lembaga KPU dalam hal penanganan data pemilih setidaknya ada suatu Mou untuk menggunakan data hasil sensus penduduk yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik sekitar bulan Juli Tahun 2020 ini.

Sensus Penduduk Tahun 2020 ini kata Toto Desanto berbasis pada aplikasi android dan tidak lagi menggunakan form-form dari kertas atau istilahnya paperless. Persiapan sensus penduduk mulai dilakukan pada bulan Mei 2020.

Beliau melanjutkan bahwa BPS berkeinginan untuk menjalin kerjasama terutama dalam hal pendataan daftarpemilih. Alasannya karena BPS mengetahui data penduduk baik secara de facto maupun de yure. Berapa jumlah penduduk yang mempunyai KTP Kabupaten Cilacap tetapi tidak berada ditempat dan berapa penduduk luar Cilacap yang berdomisili di Kabupaten Cilacap, semua itu didata oleh BPS sehingga menurutnya data-data hasil sensus atau pendataan dari BPS itu bisa dijadikan acuan, data dukung dan kemudian disandingkan dengan data DP4 dariDisdukcapiluntukpenyusunandaftarpemilihpemilumaupunpemilihan yang lainnya

Pada kesempatan ini pula, KPU Kabupaten Cilacap menyerahkan buku Ihktisar Data dan Infografis Pemilu 2019 yang berisi tentang data dan hasil Pemilu di Kabupaten Cilacap dari tahun 1955 – 2019. Dan Kepala BPS melalui Salam Sensus Penduduknya mengajak Anggota KPU dan semua penduduk di Kabupaten Cilacap untuk mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.

BPS membutuhkan sekitar 2000 orang petugas Sensus Penduduk Tahun 2020. Bagi masyarakat yang ingin menjadi petugas Sensus Penduduk dipersilakan mendaftarkan diri ke BPS apabila sudah masuk masa pendaftaran. Buka mata buka telinga karena informasi tentang pendaftaran akan diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.

 

Amy)17/01/2020