Penyelenggaraan Pemilu 2019 Sangat Baik (Silaturrahmi KPU Kabupaten Cilacap dengan Kejaksaan Negeri Cilacap)

Senin, 27 Januari 2020

Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Cilacap terlaksana denganbaik, sukses, aman dan terkendali. Tidak ada gemuruh yang berarti dari pihak Peserta Pemilu atau pun pihak lainnya”, kata Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Agus Sugianto Sirait. Beliau juga mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Cilacap yang telah berhasil dan sukses menyelenggarakan Pemilu 2019 kemarin. 

Hal ini disampaikan pada acara silaturrahmi KPU Kabupaten Cilacap ke Kejaksaan Negeri Cilacap. Tim KPU terdiri dari Ami Purwandari, Munjiatun Mukaromah, S.Pd.I, Dwipa Tri Budi, A.Md dan Suprapto. Tim KPU Kabupaten Cilacap diterima oleh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Agus Sugianto Sirait. Didampingi oleh Hery Soemantri selaku Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Cilacap.

Padakesempatan ini KPU Kabupaten Cilacap menyerahkan penghargaan atas dukungan dan partisipasi Kejaksaan Negeri Cilacap dalam mensukseskan, mengawal dan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Cilacap. Bahkan menyediakan ruangan Pos Pemilu 2019 untuk melayani pengaduan-pengaduan terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Penghargaan tersebut Kami wujudkan dalam bentuk piagam yang diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Agus Sugianto Sirait.

Banyak hal yang disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap terkait partisipasi nyadalam penyelenggaraan Pemilu 2019 kemarin. Beliau merasa belum maksimal dalam mengawal penyelenggaraan Pemilu 2019 karena keterbatasan waktu dan tenaga. Di Kantor Kejaksaan Negeri Cilacap terdapat sekitar 32 pegawai yang terdiri dari 16 orang jaksa dan 16 orang tenaga tata usaha, dimana dari 16 orang jaksa tersebut 7 orang adalah pejabat struktural. Terkait pekerjaan yang berurusan dengan hokum secara otomatis tidak bias ditangani oleh para tenaga tata usaha sehingga para jaksalah yang bekerja secaramaksimal agar pekerjaan rutin tidak terganggu dan pendampingan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019 juga dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

“Mohon maaf yang sebesar-besarnya karenapihak kami belum secara maksimal berpartisipasi pada penyelenggaraan Pemilu 2019 kemarin, karena terbatasnya pegawai kami untuk selalu memantau terus-menerus setiap kegiatan yang dilakukan KPU Kabupaten Cilacap”, kata Agus Sugianto Sirait.

“Namun kami berusaha untuk selalu menghadiri undangan-undangan dari KPU Kabupaten Cilacap

Dalam rapat-rapat meskipun hanya mewakilkan”, lanjut beliau.

“Kami selalu mencari informasi dan berkomuni kasi dengan Ketua KPU Kabupaten Cilacap maupun dengan pihak lain seper tiKodim, Polres dan Kesbangpol terkait data-data dan informasi-informasi Pemilu 2019”, kata HerySoemantrimenambahkan.

Suasana akrab meliputi acara silaturrahmi KPU Kabupaten Cilacap dengan Kejaksaan Negeri Cilacap. Kami saling berkomitmen untuk tetap menjalin kerja sama, komunikasi dan silaturahmi meskipun tidak ada gelaran Pemilihan atau pun Pemilu.

Harapan Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap kepada KPU Kabupaten Cilacap adalah tetap konsisten pada tugas-tugas pokok yang menjadi tanggung jawabnya baik secara individu maupun kelembagaan. Beliau juga berharap bahwa kedepan semoga penyelenggaraan Pemilihan dan Pemilu di Kabupaten Cilacap semakin sukses, partisipasi masyarakat meningkat kembali, dan tetap aman terkendali.

“Aman, tenang dan menyenangkan itulah Cilacap dan Saya betah disini”, ujar Beliau, pada akhir perbincangan kami.

 

Amy)23/01/2020