#SIAGA YES GOLPUT NO !!! (Audiensi KPU dengan PT. PLN (Persero) APJ-Cilacap)

Rabu, 29 Januari 2020

Terang tak dikenang gelap diberi surat cinta. Ungkapan yang terlontar dari salah satu Manager dilingkungan PLN UP3 Cilacap sembari tertawa dalam keakraban saat KPU Kabupaten Cilacap bersilaturrahim ke Kantornya.

Hajatan Negara yang luar biasa besar tak satupun menyebut terima kasih PLN, yang kami dengar terima kasih TNI, terima kasih Polri, terimakasih parpol dan lembaga-lembaga lain.  Baru kali ini kami sangat terharu dan kagum ternyata hanya KPU satu-satunya yang mengucapkan terimakasih, untuk itu kami pantas ucapkan balik dan berikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada KPU Kab. Cilacap karena telah menghargai partisipasi PLN pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

Pada penyelenggaraan pemilu lalu kami harus siaga dan dalam satu hari minimal 3 kali melaporkan kondisi kesiapan kehandalan listrik khususnya diwilayah dimana menjadi tanggungjawab kami.  Kami membuat posko tentang kehandalan H – 7 sebelum pemilu sampai even besar Pemilu benar-benar dinyatakan selesai. Kami harus bertindak professional dimana saat kegiatan-kegiatan politik jangan sampai mati listrik, hal ini untuk menjaga dikira kami melakukan sabotase dan tidak netral terhadap pelayanan.

Bahkan KPU sempat disentil karena tidak melaporkan secara langsung ke PLN disaat kegiatan rekap di kabupaten lalu, PLN dapat laporan dari pihak lain yang tidak terlibat secara langsung.  KPU Kabupaten Cilacap melalui komisioner M Muhni yang didampingi  Weweng M, Ami P dan Munji M membenarkan hal itu, karena memang kami pikir kondisi gedung yang menjadikan sedikit masalah pada saat lalu, tapi ternyata sekecil apapun yang berkaitan dengan listrik ternyata PLN minta untuk segera dilapori, sebab pada saat itu kegiatan yang wajib dikawal karena dapat instruski langsung dari Direksi PLN.

Tentang partisipasi Pemilu 2019 yang meningkat, ternyata PLN dapat instruksi dari managemen ( Direksi ) bahwa dimanapun bekerja jangan sampai meninggalkan hak untuk berpartisipasi dalam Pemilu.  Bahkan PLN yang merupakan BUMN plat merah membuat tagar dengan hastag, #Siaga Yes…Golput No!!!.

Pihak managemen meminta kepada KPU Kabupaten Cilacap, bahwa kerjasama yang baik seperti ini harus tetap terjaga.  Bila ada event Pemilu yang akan datang, karena kami wajib menjaga kehandalan listrik, bilamana ada kendala di kantor KPU mohon agar kami bisa diberi kebebasan akses menerobos pada titik vital dimana ada problem, agar PLN masuk tanpa melalui procedural.  SOP kami memang tidak memperbolehkan langsung masuk ke rumah seseorang begitu saja bila ada masalah, tapi karena ini vital dan ini untuk kepentingan Negara maka sekali lagi kami minta kemudahan mobilisasi.

PLN dalam rangka pelayanan maksimal dan menjaga terputusnya arus walaupun hanya beberapa detik, apalagi terhadap perkantoran ( KPU ) kami tawarkan program premium.  Secara teknis kami akan hadir di KPU dalam rangka menjelaskan program baru ini.


Terima kasih PLN telah melayani kami selama penyelenggaraan Pemilu 2019. Piagam sebagai bentuk apresiasi dari KPU yang diberikan ke PLN diterimakan langsung perwakilan manager.

 

berita 4B4H WWG 10) 28/01/2020