Cilacap - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi - " />

KPU CILACAP GELAR RAKOR MEKANISME PAW ANGGOTA DPRD

Jumat, 13 Maret 2020

Cilacap - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mekanisme penggantian antar waktu (PAW) anggota DPRD bertempat di Ruang Aula Kantor KPU Kabupaten Cilacap, Kamis (12/03/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Partai Politik (Parpol), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Sekretariat DPRD, Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan penggantian antarwaktu serta menyatukan pemahaman tentang keseluruhan proses PAW anggota DPRD Kabupaten Cilacap.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengingat pentingnya proses pelaksanaan PAW, mekanismenya seperti apa jika diberhentikan, mengundurkan diri atau meninggal dunia" kata Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Handi.

Handi menambahkan, dalam Pasal 5 Ayat 1 PKPU Nomor 6 Tahun 2017 menjelaskan mekanisme PAW dilakukan karena anggota DPRD terpilih sudah tidak memenuhi syarat, meninggal dunia, mengundurkan diri, atau diberhentikan.

Selain itu, dalam alur mekanisme PAW, KPU bertindak sebagai lembaga yang melakukan proses verifikasi dokumen permohonan yang diajukan oleh Pimpinan DPRD untuk diproses lebih lanjut. KPU Kabupaten Cilacap menjamin pelaksanaan proses PAW dilakukan secara transparan. KPU Kabupaten Cilacap juga berkomitmen untuk menjaga hak dari seluruh Caleg peserta Pemilu.

"KPU Kabupaten Cilacap menjamin tidak akan ada intrik dalam pelaksanaan PAW, seluruh proses PAW dapat di pantau melalui Sistem Manajemen Penggantian Antar Waktu (SIMPAW) yang juga dapat diakses oleh masyarakat." kata Anggota KPU Kabupaten Cilacap, Weweng.

Lebih lanjut, KPU Kabupaten Cilacap  akan selalu mengikuti perkembangan regulasi PAW. KPU Kabupaten Cilacap juga akan selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait serta peserta pemilu dengan tujuan untuk bersama memahami aturan yang ada.

-Munji-