KPU KABUPATEN CILACAP GELAR RAPAT PLENO TENTANG PAW ANGGOTA DPRD KABUPATEN CILACAP DARI PARTAI GOLKA

Selasa, 24 Maret 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Pleno mekanisme penggantian          antar waktu (PAW) anggota DPRD dari Partai Golkar Dapil Cilacap 3 bertempat di Ruang Aula Kantor KPU Kabupaten Cilacap, Selasa (24/03/2020)

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Handi Tri Ujiono, diikuti oleh semua Anggota  KPU, Sekretaris dan para Kasubbag.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk respons cepat KPU atas Surat Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap Nomor 171.33/0335/13 tanggal 23 Maret 2020 Tentang Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Cilaap Periode 2019-2024, ditengah suasana pelaksanaan WFH” kata Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Handi.

Handi menegaskan, ketentuan mekanisme pelaksanaan Penggantian Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Cilacap berpedoman pada regulasi yang ada, yaitu Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 Tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagaimana terakhir diubah dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2019 dan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Pergantian Antar Waktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyatb Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019.

Selain berpedoman dengan regulasi yang ada, KPU juga akan melakukan koordinasi dengan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam hal ketetapan Peraturan DPRD Kabupaten Cilacap Nomor 172 tentang Tata Tertib Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Cilacap.

KPU Kabupaten Cilacap dalam mekanisme PAW Anggota DPRD bertindak sebagai lembaga yang melakukan proses verifikasi dokumen permohonan yang diajukan oleh Pimpinan DPRD untuk diproses lebih lanjut. KPU Kabupaten Cilacap menjamin pelaksanaan proses PAW dilakukan secara transparan. KPU Kabupaten Cilacap juga berkomitmen untuk menjaga hak dari seluruh Caleg peserta Pemilu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap merencanakan akan selesai dalam menyiapkan seluruh Dokumen untuk diserahkan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap pada tanggal 27 Maret 2020.

"KPU Kabupaten Cilacap menjamin tidak akan ada intrik dalam pelaksanaan Penggantian Antar Waktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, seluruh proses dapat di pantau melalui Sistem Manajemen Penggantian Antar Waktu (SIMPAW) yang juga dapat diakses oleh masyarakat." kata Anggota KPU Kabupaten Cilacap, Weweng.

Muh-