Membangun Sinergi Lembaga Dalam Persiapa Pilkada

Senin, 6 Juli 2020

Cilacap, 6 Juli 2020.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cilacap berkunjung ke kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap, Senin 6 Juli 2020.Kunjungan Bawaslu dalam rangka koordinasi lembaga penyelenggara Pemilu tingkat Kabupaten.

Hadir secara lengkap Komisioner Bawaslu Cilacap, Bachtiar Hastiarto (Ketua) dan para anggota bawaslu yaitu Warsid, S.Pd, Miftah Nuryanto, SH, Erina Hastuti, S.S, M.Pd dan Umi Fadilah, S. Ag. Hadir pula Chandra Hartanto, S. Sos selaku Sekretaris Bawaslu bersama staff.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap menyambut baik atas kunjungan dari Bawaslu. Kehadiran Komisioner Bawaslu disambut langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap, Handi Tri Ujiono dan seluruh Anggota KPU Kabupaten Cilacap beserta Sekretariat.

Maksud dan tujuan kunjungan Bawaslu Kabupaten Cilacap merupakan kunjungan balasan atas kunjungan KPU Kabupaten Cilacap untuk membahas langkah-langkah persiapan Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Cilacap yang akan datang, kata Bachtiar dalam forum koordinasi.

“Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap tengah menyusun rancangan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan Pilkada Cilacap dengan mengacu pada ketetapan regulasi yang berlaku”. Kata Handi.

Dalam rangka memberikan pemahaman regulasi dan alur penyusunan rancangan rencana kegiatan dan anggaran yang disusun, KPU Kabupaten Cilacap melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan Weweng Maretno, S. Sos memaparkan secara runtut sesuai regulasi yang menjadi pedoman.

Penjelasan oleh masing-masing anggota KPU sesuai dengan Divisi yang membidangi menyampaikan hal-hal yang lebih spesifik. Diawali dari Ketua, dilanjutkan pemaparan oleh divisi teknis penyelenggaraan, divisi data dan informasi, divisi sodiklih parmas dan SDM dan terakhir dari divisi hukum dan pengawasan.

Anggota Bawaslu Kabupaten Cilacap, secara bergantian memberikan respons atas paparan dari KPU Kabupaten Cilacap.Dari pemaparan yang disampaikan oleh KPU Kabupaten Cilacap, dan respons oleh Bawaslu Kabupaten Cilacap dapat disimpulkan beberapa hal yang menjadi point-point yang akan ditindaklanjuti bersama oleh KPU dan Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas sebagai penyelenggara pemilu ditingkat kabupaten.

Pertama, regulasi yang menjadi pedoman dalam penyusunan rancangan rencana kegiatan dan anggaran pilkada.

Kedua, singkronisasi rancangan dalam bidang sumber daya manusia pembentukan badan adhoc.

Ketiga, koordinasi dan kerjasama lembaga agar dibangun secara baik sesuia dengan fungsinya.

“Bawaslu menyampaikan apresiasi atas langkah KPU Kabupaten Cilacap yang sudah mempersiapakan diri dengan rancangan rencana pelaksanaan Pilkada Kabupaten Cilacap, sehingga akan memberikan informasi awal dan kesiapan bagi Penyelenggara tingkat Kabupaten dan Pemerintah Daerah”. Kata Warsid.

“KPU Kabupaten Cilacap menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bawaslu Cilacap atas kunjungannya demi menjalin komunikasi yang baik dan kerjasama antar penyelenggara Pemilu”. kata Handi.

M.M