Strategi Persiapan Anggaran Pilkada

Selasa, 14 Juli 2020

Oleh: M. Muhni

(Anggota KPU Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM)

KPU Kabupaten Cilacap, Selasa 14 Juli 2020 menggelar rapat Pleno untuk membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Cilacap.

Dalam rapat pleno, dibahas tentang Rencana Anggaran dalam setiap tahapan.

Rapat Pleno dipimpin Ketua KPU Kabupaten Cilacap Handi Tri Ujiono, S. Sos.

Hadir dalam rapat pleno seluruh komisioner, sekretaris dan para kasubbag.

Dalam pengantar pembukaan rapat, Ketua KPU menyampaikan point-point pokok dalam tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kita (KPU Kabupaten) sebagai lembaga penyelenggara Pemilihan di tingkat Kabupaten sebagai pelaksana teknis dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh KPU RI”. Kata Handi.

Lanjut Handi, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap dalam menyusun rancangan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan Pilkada Cilacap dengan mengacu pada ketetapan regulasi yang berlaku.

KPU Kabupaten Cilacap dalam mempersiapakan diri dengan rancangan rencana pelaksanaan Pilkada Kabupaten Cilacap, guna memberikan informasi awal dan kesiapan bagi Penyelenggara tingkat Kabupaten dan Pemerintah Daerah.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-undang sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang  Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor I Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang.

Pembahasan rancangan rencana kegiatan dalam rapat pleno, mengacu dengan tahapan pokok dalam pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Tahap pencalonan, tahap sosialisasi, tahap pemutakhiran data pemilih, tahap kampanye, tahap pemungutan, tahap rekapitulasi dan penetapan.

Pembahasan setiap kegiatan tahapan akan dilaksanakan secara bertahap melalui rapat pleno.

Seluruh anggota KPU selaku penanggungjawab setiap divisi diberikan kesempatan untuk menyampaikan rancangan rencana kegiatan secara bergantian.

Ketua KPU Cilacap sebagai pimpinan rapat, memandu dalam penyusunan rancangan rencana kegiatan dan rencana kebutuhan anggaran.

Landasan hukum sebagai pedoman, rencana kegiatan yang akan dilaksanakan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Bawaslu Kabupaten Cilacap memberikan apresiasi atas langkah yang diambil oleh KPU Kabupaten Cilacap

“Bawaslu menyampaikan apresiasi atas langkah KPU Kabupaten Cilacap yang sudah mempersiapakan diri dengan rancangan rencana pelaksanaan Pilkada Kabupaten Cilacap, sehingga akan memberikan informasi awal dan kesiapan bagi Penyelenggara tingkat Kabupaten dan Pemerintah Daerah”. Kata Warsid pada saat kunjungan bersama anggota bawaslu 6 Juli 2020 yang lalu.

Penyusunan dalam mempercayakan kepada kasubbag perencanaan untuk menyampaikan perhitungan dalam pembahasan rancangan anggaran kebutuhan dalam tahapan.

Dalam penutupan rapat, Ketua KPU menyampaikan, dalam proses penyusunan rancangan rencana seluruh kegiatan harus bisa dipahami oleh seluruh anggota KPU serta dipahami oleh sekretariat sebagai supporting system supaya dalam pelaksanaannya tidak terjadi pemahaman yang keliru.

Rapat pleno lanjutan akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.