Oleh : Weweng Maretno

Kamis, 23 Juli 2020 Ketua KPU - " />

Pertama Di Jateng Pleno Terbuka Daftar Pemilih Berkelanjutan

Kamis, 23 Juli 2020

Oleh : Weweng Maretno

Kamis, 23 Juli 2020 Ketua KPU Kabupaten Cilacap (Handi Tri Ujiono)   memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan bertempat di Ruang Rapat KPU.

Rapat dihadiri seluruh Komisioner, sekretaris KPU, kasubag Program & data (prodat) dan perwakilan pengurus partai tingkat kabupaten peraih kursi parlemen ; PKB,  Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar,  Nasdem, PKS, PPP, PAN dan Partai Demokrat serta undangan lain; Bawaslu, Disdukcapil, Kabag Pemerintahan dan Pembangunan, Kemenag, Polres, Kodim, Lanal, Ketua DPRD, dan Kesbangpol.

Memperhatikan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum  pasal 20 huruf (I) bahwa KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

(Pasal 201 ayat  8,  Pasal 202, Pasal 204 ) KPU RI, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan.

Kami melaksnakan pleno hari ini (23/7) diperkuat dengan Dasar pelaksanaan surat KPU RI nomor : 181/PL.02.1-SD/KPU/II/2020 tanggal 20 Februari 2020 bahwa pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bagi KPU Kab/Kota yang tidak melaksanakan Pilkada dilakukan setiap bulan, disusul dengan surat KPU RI Nomor : 550/PL.02.1-SD/01/KPU/VII/2020 tanggal 10 Juli 2020 bahwa rekapitulasi daftar permilih berkelanjutan secara berkala dilaksanakan dengan Rapat Pleno Terbuka.  Untuk itu KPU mengundang beberapa pihak untuk memenuhi ketentuan dalam surat.  Ketua KPU menegaskan bahwa rapat pleno terbuka hasilnya adalah produk hukum. Sehingga hah-hal yang menjadi ketentuan dalam rapat pleno harus terpenuhi. Dalam pelaksanaan rapat pleno terbuka agar terjelaskan tentang ketentuan rapat pleno, syarat sahnya rapat pleno, tujuan, penjelasan proses dan alur pemutakhiran data pemilih. Rapat pleno terbuka pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan adalah ikhtiar KPU dalam menjaga data pemilih dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku.

Divisi Program Data dan Informasi (Amy Purwandari, SE) dalam paparannya menyebutkan bahwa kami telah berkordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Cilacap, untuk meminta data keluar masuk penduduk. Kami apresiasi kepada Disdukcapil karena satu-satunya kabupaten di Jateng yang telah memberikan data sesuai yang diharapkan KPU, dan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang pertama kali melakuan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih berkelanjutan.

Sampai dengan bulan Juni 2020 yang diplenokan hari ini (23/7), daftar pemilih berkelanjutan tercatat sejumlah 1.485.795 dengan perincian Laki-laki 744.420 dan Perempuan 741.375 dan diyahkan melalui Rapat Pleno terbuka hari ini.

Perwakilan dari DPRD Kabupaten Cilacap Mitra Patriasmoro (Ketua Komisi A) juga memberikan apresiasi kepada KPU dan Disdukcapil, semoga KPU dan Capil harus tetap terjaga sinergitas keduanya, sehingga berharap agar kedepan menjadi lebih baik dan lancar tidak hanya dalam pleno tapi juga dalam urusan lain.  Data pemilih adalah data pokok untuk kami melakukan pertarungan dalam Pemilu.

Disdukcapil siap bantu apa yang dibutuhkan oleh KPU tentang data kependudukan, kami akan selalu suport dan kami siap untuk berikan data update yang telah kami miliki “kata Eli” perwakilan dari Disdukcapil.

Terima kasih pada pengurus partai dan undangan lain yang dapat hadir, kami yakin bahwa data yang kami sajikan dapat bermanfaat dan kita dapat saling menjalin komunikasi yang lebih baik kedepannya, tegas Ami Purwandari.

 

(berita 4B4H WWG 21) 23/07/20

Berkas Lampiran
Berita Acara Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan per Bulan Juni 2020
Ukuran : 2.55 Mb
Tipe : pdf