Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan

Rabu, 19 Agustus 2020

Pemutakhiran daftar Pemilih Berkelanjutan yang menjadi amanat UU Pemilu No. 7 Tahun 2017 dan Surat Dinas KPU RI No. 181/PL.02.01-SD/01/KPU/II/2020 merupakan suatu proses pemutakhiran daftar pemilih yang dilakukan dengan cara mendata pemilih yang terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 dengan kriteria meninggal dunia, pindah keluar, pindah masuk, alih status, dibawah umur, bukan penduduk, ganda, dan pemilih baru serta pemilih pemula. Selanjutnya data-data dengan kriteria tersebut di atas disusun ke dalam sebuah daftar yang dinamakan daftar pemilih berkelanjutan yang ditetapkan melalui rapat pleno terbuka oleh KPU Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Pilkada 2020 pada setiap bulannya.

Guna mendapatkan data-data dengan kriteria tersebut diatas maka KPU Kabupaten/Kota wajib mencari informasi terkait data para pemilih yang terdaftar dalam DPT Pemilu 2019 dengan kriteria tersebut diatas. Salah satu cara yang dilakukan untuk mendapatkan data-data tersebut adalah berkoordinasi dengan dinas intansi terkait, salah satunya yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.  Untuk menjalankan amanat tersebut maka KPU Kabupaten Cilacap melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Cilacap.

Koordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Cilacap dilakukan dengan cara berkirim surat sebagai pendahuluan dan bertatap muka. Surat dengan Nomor 131/PL.01.02-UND/3301/KPU-Kab/VIII/2020 sudah terkirim pada tanggal 3 Agustus 2020 dan pada hari ini, Rabu, 19 Agustus 2020 pukul 10.00 – 11.30 WIB dilakukan koordinasi tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan covid 19 oleh Ami Purwandari selaku anggota KPU Kabupaten Cilacap Divisi Data dan Informasi dan Dwipa Tri Budi, A.Md selaku Staff Subbag Data dan Informasi/Operator Sidalih dengan pihak Disdukcapil Kabupaten Cilacap dalam hal ini ditemui oleh Ely Suningsih, SH selaku Kabid PIAK dan Nieke Daryati selaku Staff Bidang PIAK. Dalam koordinasi ini disampaikan tentang kebutuhan data untuk pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan. “KPU membutuhkan data-data dengan kriteria seperti yang sudah kami kirimkan dalam surat terdahulu untuk dapat menyusun daftar pemilih berkelanjutan ini”, kata Ami Purwandari. 

Dijawab oleh Ely Suningsih dengan permohonan maaf karena tidak bisa memenuhi harapan KPU Kabupaten Cilacap terkait permohonan data dengan elemen data yang lengkap. “Mohon maaf karena kami hanya bisa memberikan data-data dengan elemen data NIK dan Nama saja sesuai dengan arahan dari Ditjendukcapil”, kata Ely Suningsih.

Disarankan oleh Ely Suningsih agar KPU Kabupaten mengusulkan kepada KPU diatasnya untuk meninjau kembali MOu yang telah dilakukan, karena bisa jadi MOu tersebut hanya memuat tentang data-data yang dibutuhkan sebatas pada dua elemen data saja yaitu NIK dan Nama. “Bisa jadi MOU yang dilakukan diatas sana hanya terkait dua elemen data itu saja, jadi perlu ditinjau ulang agar bisa diperluas jangkauan data yang dibutuhkan itu apa saja, sehingga nantinya KPU juga bisa mengakses data dukcapil secara online melalui link dan password seperti dalam MOu terdahulu”, lanjut Ely Suningsih.

Namun demikian KPU Kabupaten Cilacap sudah sangat berterima kasih karena bisa memperoleh data-data untuk menyusun daftar pemilih berkelanjutan setiap bulannya.

 

Ami, 19/08/2020 (Divisi Data dan Informasi)