Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Bulan Juli 2020

Kamis, 27 Agustus 2020

Cilacap. Hari ini, Kamis 27 Agustus 2020 KPU Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Pleno Terbuka Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode bulan Juli. Ini kali kedua pleno pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dilakukan secara terbuka dengan mengundang Pimpinan Parpol, Bawas, TNI/POLRI dan dinas instansi terkait.

Rapat pleno terbuka dipimpin dan dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Handi Tri Ujiono dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan periode bulan Juli ini. Beliau menyampaikan bahwa proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan tidak sama dengan pemutakhiran DPT pada Pemilu 2019 maupun pemilihan lainnya karena data yang diperoleh mempunyai keterbatasan terkait dengan elemen-elemen data yang dibutuhkan dalam pemutakhiran DPB.  Namun Beliau mengapresiasi keterlibatan Disdukcapil Kabupaten Cilacap dalam menyediakan data untuk proses pemutakhiran DPB ini. “Terima kasih kepada Disdukcapil Kabupaten Cilacap yang telah memberikan data mutasi kependudukan walaupun hanya memuat elemen data NIK dan nama saja,“ kata Handi Tri Ujiono.

Selanjutnya adalah materi rapat pleno terbuka pemutakhiran daftar pemilih yang disampaikan oleh anggota KPU Kabupaten Cilacap Divisi Data dan Informasi,  Ami Purwandari. Pada kesempatan ini Ami mereview data pemutakhiran DPB mulai dari periode Januari-maret, April, Mei sampai dengan bulan Juni lengkap dengan sumber datanya.

Pada akhir materinya, Ami menyampaikan harapan kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat memberikan masukan/tanggapan terkait data-data untuk proses pemutakhiran DPB selanjutnya. “ Para peserta  dapat memberikan masukan/tanggapan terkait data-data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat sebagai pemilih dengan kategori sudah meninggal, ganda, pindah domisili, alih status menjadi TNI/Polri atau sebaliknya, atau perbaikan elemen data dan pemilih yang berpotensi menjadi pemilih baru,” kata Ami Purwandari. “Masukan/tanggapan bisa dikirim melalui whatsapp saya, atau untuk parpol bisa dikirim ke grup whatsapp Info Pemilu Serentak 2019”, lanjut Ami.

Selanjutnya acara kembali diserahkan kepada Ketua KPU Kabupaten Cilacap yang kemudian membuka sesi saran atau masukan sebelum data DPB periode Juli ditetapkan. Pada kesempatan ini, Bawaslu Kabupaten Cilacap yang di wakili oleh Warsid, S.Pd selaku Divisi Pengawasan menyarankan agar Daftar Pemilih Khusus (DPK) pada pemilu 2019 lalu dimasukkan sebagai DPB. “DPK sebanyak 12.782 yang termuat dalam sertifikat model C Pemilu 2019 agar bisa dimasukkan sebagai DPB pada proses pemutakhiran DPB selanjutnya, “ kata Warsid. Kemudian Beliau juga meminta supaya ditunjukkan byname dari model AB DPB.  

Saran dari Bawaslu Kabupten Cilacap tersebut selanjutnya ditanggapi oleh Ketua KPU Kabupaten Cilacap dengan mengatakan bahwa sudah dijelaskan dalam review bu Ami tadi, bahwa DPK sudah dimasukkan sebagai DPB pada periode Januari-Maret. Jumlahnya 1.238 pemilih saja yang berelemen data lengkap sedangkan sisanya tidak bisa ditindak lanjuti karena elemen data yang tidak lengkap. “Data DPK ada yang hanya memuat nama saja tanpa disertai KTP el/KK sehingga tidak bisa ditracing karena kami sudah tidak punya badan ad hoc dibawah sehingga sangat terbatas untuk bisa melakukan tracing data tersebut,” jelas Handi. Namun demikian Beliau mengatakan akan berusaha untuk menelusurinya.

Rapat Pleno Terbuka selanjutnya menetapkan  data pemilih berkelanjutan sebanyak 1.478.507 dengan perincian 740.836 pemilih laki-laki dan 737.671 pemilih perempuan. Data tersebut dituangkan dalam Berita Acara dengan Nomor : 09/PL.02.1-BA/3301/KPU-Kab/VIII/2020 Tentang Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020. Seiring ketok palu penetapan daftar pemilih berkelanjutan periode Juli maka rapat pleno terbukapun ditutup oleh Ketua KPU Kabupaten Cilacap.

Oleh Ami Purwandari (Divisi Data dan Informasi)

Berkas Lampiran
Berita Acara Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Juli 2020
Ukuran : 2.62 Mb
Tipe : pdf