DARING KPU CILACAP DENGAN KOMISI INFORMASI PUBLIK; VISITASI DAN VERIFIKASI PENILAIAN KETERBUKAAN INFORMASI

Selasa, 10 November 2020

Oleh : Ami Purwandari (Divisi Data dan Informasi)
Cilacap.http://kpud-cilacapkab.go.id. Senin, 09 November 2020. Keterbukaan Informasi menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua Badan Publik. Oleh karena itu Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa tengah mengadakan penilaian terhadap keterbukaan informasi yang ada disetiap Badan Publik. KPU Kabupaten Cilacap yang merupakan Badan Publik tidak lepas dari kegiatan penilaian keterbukaan informasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah sejak bulan Juni 2020. Penilaian meliputi beberapa tahap dan pada setiap tahap memuat kriteria-kriteria tertentu yang ditentukan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi jawa Tengah. Saat ini sudah memasuki tahap ke-3 penilaian dan KPU Kabupaten Cilacap masuk ke dalam 10 besar.
Hari ini, Senin, 9 November 2020 jam 09.00 WIB KPU Kabupaten Cilacap mengikuti visitasi dan verifikasi berkas-berkas informasi yang telah diunggah ke link Web KPU Kabupaten Cilacap. Kali ini yang dinilai adalah berkas-berkas secara fisik dari informasi-informasi yang sudah dipublikasikan di dalam Web KPU Kabupaten Cilacap. Visitasi dan Verifikasi dilakukan secara daring dengan menggunakan zoom meeting yang memuat dua link. Link pertama digunakan untuk menyampaikan paparan terkait kegiatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) KPU Kabupaten Cilacap. Untuk kegiatan pertama ini paparan dilakukan oleh Komisioner KPU Kabupaten Cilacap Divisi Parmas yaitu M. Muhni sedangkan dari Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah adalah Drs. Sosiawan.
Sementara untuk link kedua adalah untuk presentasi Self Assesment Questionnaire (SAQ). Dari pihak KPU Kabupaten Cilacap presentasi berkas dilakukan oleh Ami Purwandari selaku Divisi Data dan Informasi sementara dari Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah diwakili oleh Fani Haqunisa.
Dalam presentasinya Komisi Informasi menampilkan SAQ yang telah diisi oleh KPU Kabupaten Cilacap. Kemudian KPU Kabupaten Cilacap menunjukkan berkas-berkas fisik dari data-data/informasi seperti yang telah ditunjukkan softfilenya kepada Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah.
Dari presentasi ini, KPU Kabupaten Cilacap memperoleh nilai 88,33 yang selanjutnya digabungkan dengan komponen-komponen nilai lainnya sehingga ditotal nilai dari kegiatan visitasi dan verifikasi ini adalah 87,08.
Dari kegiatan paparan yang dilakukan oleh M. Muhni selaku Divisi Parmas, penilaian terhadap Keterbukaan Informasi di Badan Publik KPU Kabupaten Cilacap adalah postif dalam arti KPU Kabupaten Cilacap sudah menerapkan prinsip keterbukaan informasi bahkan mendapat nilai plus dalam digitalisasi layanan informasi. Hal ini disampaikan oleh Drs. Sosiawan selaku Ketua Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa tengah. Dengan memberikan apresiasi terhadap inovasi ini. Bahkan, Beliau bertanya”, Bagaimana dengan KPU Kabupaten/Kota lainnya, apakah sudah berjalan juga digitalisasi layanan informasi ini?”. Dan Komisi Informasi Publik Provinsi Jawa Tengah berharap bahwa nantinya semua Badan Publik lainnya juga menerapkan digitalisasi layanan informasi ini.
Harapan tersebut disampaikan dalam sesi penutupan acara daring visitasi dan verifikasi penilaian SAQ KPU Kabupaten Cilacap.

(Ami Purwandari, 09|11|2020)