KPU Cilacap Mengukur Capaian Kerja Dan Kinerja Tahun 2020

Rabu, 30 Desember 2020

Oleh : M. Muhni (Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas)
Cilacap, 29 Desember 2020
Selasa, 29 Desember 2020 KPU Kabupaten Cilacap mengadakan rapat pleno dalam rangka evaluasi program kerja tahun 2020.
Rapat Pleno dihadiri oleh seluruh Komisioner dan para Kasubbag.
Rapat pleno dibuka oleh Ketua KPU, Handi Tri Ujiono. Dalam sambutannya, Handi menyampaikan “bahwa capaian yang baik tentu berawal atas rencana yang baik. Untuk bisa mendapatkan target yang maksimal dibutuhkan perencanaan yang terukur”. Kata Handi.
“Capaian kerja dan kinerja pada tahun ini akan terlihat dari indikator yang menjadi parameter”. lanjut Handi.
“tentu kesempurnaan tidak akan pernah kita raih, namun target yang maksimal tentu akan menjadikan sebuah bukti bahwa kerja-kerja yang kita laksanakan telah berhasil diselesaikan dengan baik”. Masih kata Handi.
Dalam pelaksanaan Evaluasi kerja dan kinerja, disampaikan oleh Kasubbag Perencanaan, Data dan Informasi, Laela Isnaeni.
Dalam paparannya, Laela menyampaikan bahwa perhitungan capaian kerja dan kinerja KPU Kabupaten Cilacap pada tahun 2020 mencapai 97%, hal ini sesuai dengan standard dan indikator yang menjadi ukuran dalam pelaksanaan program yang direncanakan.
Dari program-program yang telah ditetapkan dalam rencana program tahun 2020, secara keseluruhan telah dilaksanakan secara tuntas. Namun demikian capaian kinerja 100% belum bisa terwujud dikarenakan ada 3 kegiatan yang tidak bisa terlaksana sesuai rencana.
Kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai target adalah kegiatan sosialisasi kelembagaan dan Pilkada serentak 2020, sosialisasi PAW ditingkat Provinsi dan penanganan Covid-19.
Kegiatan tersebut tidak bisa dilaksanakan karena dalam bentuk perjalanan dinas ke Provinsi untuk menghadiri undangan tingkat Provinsi. Namun karena tidak adanya pelaksanaan kegitan ditingkat Provinsi, sehingga KPU Kabupaten tidak bisa merealisasikan rencana yang sudah ditetapkan.
Selain mengukur hasil kerja berdasarkan indikator pelaksanaan, KPU Kabupaten Cilacap juga mengukur capaian kerja berdasarkan berdasarkan penyerapan realisasi DIPA atau anggaran.
Sesuai dengan penjelasan yang disampaiakan oleh Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik, Dedy Chirswanto, SE. bahwa dalam realisasi DIPA tahun 2020 penyerapannya mencapai angka 92,75%.
Dari angka yang belum maskimal ini paling rendah penyerapannya pada alokasi biaya penanganan Covid-19. Hal ini disebabkan karena KPU Cilacap mendapat tambahan alokasi penanganan Covid-19 sudah diakhir tahun sehingga terkendala dalam mengoptimalkan penyerapan pengadaan bahan/barang.
Khusus dalam penanganan Covid-19, kendala yang menyebabkan tidak terlaksananya secara maksimal, karena pengadaan bahan/barang yang terkendala waktu yang sudah terbatas dan sebagian sudah dilaksankan dengan fasilitasi oleh Pemerintah Daerah.