Audit Pertanggungjawaban Keuangan Tahun Anggaran 2020

Rabu, 6 Januari 2021

oleh ; Weweng Maretno,S.Sos
(Div Teknis Penyelenggaraan)

Mengawali kegiatan awal tahun 2021 sekretariat KPU Kabupaten Cilacap mendapat kesempatan pertama diaudit dengan vasilitas zoom oleh Inspektorat Jenderal KPU RI terkait pertanggungjawaban keuangan tahun anggaran 2020 pada Selasa 5/1/21 ini
Anggit Purnomo sebagai bendaharawan sekretariat KPU Kabupaten Cilacap menyampaikan secara rinci alur administrasi penggunaan keuangan dengan menunjukan bukti transaksi setiap bulannya dengan membuka file ordner satu persatu dari bulan Januari sampai dengan Desember 2020 sesuai permintaan auditor dari Inspektorat Jenderal (Bapak Angki).

Urutan pada setiap file ordner disampaikan oleh bendahara anatara lain;

Buku Kas Umum
Buku kas pembantu
Dokumen pendukung meliputi;
Surat Perintah Pembayaran (SPBY)
Bukti potongan pajak
Kuitansi silaby/pengeluaran

Rekenig koran dan tak terkecuali untuk bulan Desember 20 dilampiri bukti pengembalian ke kas negara atas sisa dana yang tersisa akibat tidak dapat di SPJ kan karena memang tidak ada kegiatan sebagaimana petunjuk operasional.
Tidak hanya file ordner yang ditunjukan, stockopname keuangan yang tercatat dan melaporkan sampai dengan akhir Desember 20, saldo pada buku kas nol rupiah harus ditunjukan secara virtual dengan membuka brankas tempat menyimpan uang persediaan secara langsung.
Ketua KPU dan tiga komisioner lainnya ikut serta mendampingi pada pelaksanaan auditor ini bertempat di aula KPU Kabupaten Cilacap dan ruangan bendahara untuk melihat secara langsung brankas bendahara yang harus dibuka.
Uang persediaan sebesar 36 jt posisi per Desember 20 , dan posisi saldo terlaporkan dengan saldo Nol, maka sisa dana telah dikembalikan kekas negara sejumlah Rp.660.700,- serta pembuktian lainya berupa rekening koran dari BNI 46.
Disesi terakhir mendengarkan paparan hasil pemeriksaan dari Inspektorat (Angki) sambil mengkonfirmasi ulang analisis data dan penulisan untuk mendapatkan feedback dari KPU Kabupaten disampaikan sekretaris KPU (Karsito,S.Sos). Sementara Ketua KPU dan dan komisioner lainnya mendampingi sekretaris.
Tidak ada beban bagi kami, karena memang apa yang telah kami lakukan taat dan patuh terhadap peraturan dan SOP yang dipersyaratkan. Semoga tetap sehat, tambah berkah dan tetap merdeka.

(berita 4B4H WWG 01) 5/1/21