Rakor DPB Triwulan Pertama dan Bedah Surat Edaran Nomor 366/Pl.02-Sd /01/KPU/IV/2021

Jumat, 23 April 2021

Rapat Koordinasi DPB dilaksanakan pada hari Kamis (22/4/2021) bertempat di Aula 1 Lt. 3 Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Rakor DPB dihadiri oleh 2 orang komisioner KPU Provinsi Jawa Tengah, Divisi Data dan Informasi dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Bawaslu Jawa tengah, Kemenag Jawa Tengah, Disdukcapil Jawa Tengah dan Kemendikbud jawa Tengah.

Paulus Widiyantoro, S.E., M.M. selaku Divisi Data dan Informasi menyampaikan tentang kewajiban melaksanakan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang merupakan amanat dari UU Pemilu No. 7 Tahun 2017. Menurutnya, selain berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk mendapatkan data DPB maka KPU Kabupaten/Kota perlu juga melakukan koordinasi terkait data ke dinas pendidikan, TNI/Polri, Kemenag, Dinas Sosial/Pemakaman dan Desa/Kelurahan sebagai data dukung.

Pada Triwulan I ini KPU Jawa Tengah melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan dengan jumlah sebanyak 27.657. 442 pemilih dengan perincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 13.774.111 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 13.883.331 pemilih yang tersebar di 35 kabupaten/kota.

Selain melakukan rekapitulasi DPB, KPU Jawa Tengah yang diwakili oleh Paulus Widiyantoro selaku Divisi Data Dan Informasi juga  mengupas perubahan SE 132/PL.02-SD /01/KPU/II/2021 yaitu SE 366/PL.02-SD /01/KPU/IV/2021 yang baru turun satu jam sebelum Rakor DPB ini dimulai. Inti dari perubahan tersebut adalah bahwa :

  • KPU/ KIP Kab Kota melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan perbulan dan menyampaikan hasil rekapitulasi tsb kepada Partai Politik, Bawaslu, dan dinas yang menangani urusan kependudukan dan capil setempat, serta mengumumkan di kantor, laman website, portal aplikasi, dan atau media sosial, dan membuat siaran pers ke media massa lokal cetak atau elektronik sengan mekanisme Rekap dalam rapat internal, Hasil rekap dibagikan kepada Bawaslu, parpol, Disdukcapil, Mengumumkan hasil DPB tiap bulan ke laman website atau portal aplikasi Dan atau ditambah Membuat siaran pers dan mengumumkan di medsos
  • Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 dilakukan dari Januari – Desember 2021 dengan mekanisme KPU Kabupaten/Kota membuat layanan data pemilih PDPB dengan stakeholders Kabupaten/Kota, melakukan rekap dalam rapat internal setiap akhir bulan (tidak melebihi tanggal bulan tersebut), melaporkan hasil Rekap DPB setiap bulan ke KPU Prov/KIP Aceh (paling lambat dilaporkan tgl 5 bulan berikutnya), rapat Koordinasi setiap 3 bulan dalam penyusunan PDPB dengan Stakeholders Tingkat Kabupaten/Kota
  • KPU / KIP Kabupaten /Kota menyampaikan Daftar Pemilih Berkelanjutan yang mengalami perubahan setiap bulan by name by polling station kepada parpol , Bawaslu, dan dinas yang menangani kependudukan dan capil setempat dan mengumumkan di papan pengumuman kantor, laman website, dan atau portal aplikasi masing-masing dengan mekanisme Daftar pemilih yang diserahkan ke bawaslu, parpol, dan disdukcapil yang mengalami perubahan elemen data, mengumumkan daftar pemilih berubah di papan pengumuman, dan atau portal dan medsos.

Dengan diturunkannya SE 366/PL.02-SD /01/KPU/IV/2021 maka  SE 132/PL.02-SD /01/KPU/II/2021 masih berlaku untuk poin-poin yang tidak mengalami perubahan dan perubahan ini berlaku sejak diturunkannya Surat Edaran tersebut. Dengan demikian untuk KPU Kabupaten Cilacap pelaksanaan Rapat Koordinasi dengan dinas instansi terkait berubah jadwal menjadi bulan Juni 2021.

Ditulis Oleh : Ami Purwandari
(Divisi Perencanaan, Data dan Informasi)