Kuliah Umum "Pemungutan, Penghitungan dan Rekap Perolehan Hasil Pemilu" Untuk Mahasiswa Magang

Kamis, 10 Juni 2021

Sylabus kelas Pemilu yang disajikan untuk program Mahasiswa Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dirasa lebih dari cukup bahkan satu pokok bahasan saja bisa diurai menjadi beberapa sub pokok bahasan. Pokok bahasan Pencalonan Peserta Pemilu/ Pemilihan misalnya menjadi sub pokok bahasan mengenai pencalonan DPR/DPRD, DPD, Pemilihan Bupati dan Gubernur.
Materi kali ini berikan pemahaman tentang Pungut Hitung di TPS, rekap hasil di Kecamatan (PPK). Dijelaskan tentang mekanisme penghitungan di TPS dan Rekap perolehan TPS dalam satu Desa serta Rekap perolehan seluruh desa dalam satu Kecamatan. Tugas KPPS dari 7 (tujuh) anggota, berbeda peran dan tugas saat berlangsungnya pemilihan dan saat penghitungan di TPS.
Pemilu 2019 kemarin pelaksanaan rekap dilaksanakan di PPK, memulai rekap dari Pemilu Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sedangkan yang direkap perolehan Tiap TPS dalam satu desa, selanjutnya rekap perolehan tiap desa dalam satu Kecamatan.
Jenis Formulir yang dipergunakan saat penghitungan adalah C dan C1 Plano dan Hologram, DAA1 rekap TPS dan DA1 rekap Desa dalam satu Kecamatan. Keberatan dan catatan saksi dituangkan dalam formulir C2.
Pengetahuan Kepemiluan disampaikan pada Kamis (10/6) oleh Weweng Maretno (divisi teknis penyelenggaraan) mudah dipahami dan memang nyambung dengan mata kuliah yang sedang ditempuh oleh mahasiswi magang dari Unsoed dan UIN Jakarta ini. Salah satu mahasiswi dari UIN Jakarta, Yuni panggilannya berterima kasih karena materi yang disampaikannya ini menambah wawasan, karena kebetulan diakhir semesternya juga akan mengambil Skripsi terkait Kepemiluan dengan judul “Peran Penyelenggara Pemilu dalam berikan akses layanan bagi kaum Difabel”.
(berita 4B4H WWG 15) 10/06/21